Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan Tubuh dan Ibu Hamil

manfaat buah naga

Manfaat buah naga - Buah naga berasal dari benua amerika seperti mexico, amerika selatan dan amerika tengah. Walaupun buah ini berasal dari benua amerika, sekarang anda bisa temukan buah naga, dimana saja kapan saja kalau ada doraemon hehe.. Menurut literatur aztec buah naga populer dikenal dengan nama pitaya didaerah tersebut serta buah pitaya berkembang biak sekitar abad ke-13.

Walaupun buah ini tampak aneh tapi kandungannya banyak sekali mulai dari vitamin, asamfolat, betakaroten, nutrisi dan lain-lain. Tak cuma itu, buah naga dianjurkan untuk ibu hamil, buah naga memenuhi kebutuhan sang ibu saat mengandung terutama saat pembentukan sel darah merah. 

Manfaat buah naga bagi ibu hamil 

1. Membantu turunkan masalah anemia

Zat besi pada buah naga bantu turunkan masalah kurang darah atau anemia. Masalah ini sering terjadi pada ibu hamil, oleh karena itu zat besi menghasilkan darah saat janin terbentuk, supaya terhindar dari kurang darah atau anemia. 

2. Mencegah bayi cacat tabung saraf

Pasti semua orang tidak ingin sibuah hati mengalami cacat tabung saraf atau defek tabung saraf. Cacat tabung saraf adalah salah satu cacat lahir yang bisa sebabkan kematian bayi dan kecacatan serius. Penyebab cacat tersebut yaitu kurang asamfolat saat pembentukan sel darah merah.

3. Mencegah osteoporosis

Kandungan kalsium pada buah naga menjaga kesehatan pertumbuhan tulang dengan baik, agar terlindung dari ancaman penyakit osteoporosis atau kerapuhan tulang. 

4. Melihara usus 

Memakan makanan kaya serat sama dengan melihara usus anda. Ibu hamil harus melihara ususnya dengan baik karena semakin janin membesar, semakin besar pula rasa sakit pada perut anda (mules).

5. Menambah energi tubuh 

Kandungan karbohidrat yang banyak menambah energi atau stamina anda agar tetap fit, ini wajib! Sebab semakin besar janin, semakin berat pula. Sehingga ibu hamil dapat menggendong janin tanpa kelelahan.

6. Seimbangi kalori 

Buah naga miliki kalori seimbang yaitu 60 kalori dari 100 gram. Tentu saja cocok untuk ibu hamil karena ketika sedang hamil aktivitas seharian sebagai pembakar kalori akan menurun tidak seperti biasanya. 

Manfaat buah naga bagi kesehatan 

1. Bagus untuk kecantikan 

Manfaat buah naga tidak hanya untuk menyembuhkan penyakit saja, namun bisa untuk kecantikan. Sebagian besar wanita menghabiskan pundi-pundi uang demi tampil cantik dan awet muda. Anda bisa manfaat kan buah nagai sebagai alternatif sebab nutrisi dalam buah naga di percaya mampu bersihkan kulit, mengencangkan dan mencegah jerawat. 

2. Bagus untuk mata

Kandungan senyawa betakaroten buah naga tak kalah hebatnya dengan wortel. Maka, buah naga cocok untuk yang sedang mengalami masalah kulit.

3. Cocok untuk diet

Bagi anda sedang miliki program diet, buah naga adalah pilihan cocok sebab buah ini kaya serat dan rendah kalori. Serta bisa menahan lapar dan cukup buat anda kenyang lebih lama. 

4. Melancarkan pencernaan 

Manfaat buah dapat bantu apabila sedang mengalami masalah pencernaan. Kandungan vitamin B1 dan serat larut sangat bagus melancarkan pencernaan. 

5. Menjaga kesehatan tulang

Ingin mencari alternatif kandungan kalsium ada didalam susu, anda bisa mengonsumsi buah naga secara rutin. Fosfor dan kalium pada buah naga cukup tinggi sehingga dapat tingkatkan kesehatan tulang dari osteoporosis dan penyakit tulang lainnya. 

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Vitamin C terletak dalam buah naga dapat tingkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga anda tidak mudah terserang berbagai macam penyakit. 

7. Menjauhkan dari kanker

Buah naga memiliki antioksidan yang melimpah. Oleh karena itu, mengonsumsi buah naga secara rutin mampu mencegah resiko penyakit kanker. 

8. Mengurangi diabetes melitus

Vitamin senyawa B3 dipercaya dapat meminimalisir resiko penyakit diabetes. Bagi anda memiliki penyakit diabetes buah naga cocok untuk turunkan penyakit tersebut. 

9. Mengurangi resiko penyakit jantung 

Kandungan di miliki buah naga dapat turunkan penyakit jantung, oleh karena itu lebih baik mencegah dari pada mengobati. 

Agar anda tidak merasa bosan setelah mengonsumsi buah naga, ada beberapa tips yang bisa anda gunakan yaitu dengan cara diolah menjadi salad ditambah potongan buah-buahan yang sama segarnya dengan buah naga dan cara terbaik yaitu di jus.