Manfaat di Balik Vitamin B12

manfaat vitamin b12

Manfaat vitamin B12 - Setiap manusia pasti akan melewati masa pertumbuhannya dengan waktu ke waktu. Kebutuhan nutrisi dan vitamin pun sangat diperlukan semenjak kita masih dikandungan ibu sampai beranjak lansia. Tentulah berbagai nutrisi serta vitamin berbeda saat kita bayi, anak-anak, remaja, dewasa dan lansia. Membicarakan tentang vitamin, pernahkah anda mendengar vitamin B12 bagi kesehatan tubuhmu? 

Vitamin B12 adalah salah satu vitamin yang sejajar dengan vitamin A, C, D, E, K dan lain-lain. Vitamin ini terdapat pada asupan makanan yang sering kita makan yaitu daging, kerang, telur, kacang-kacangan dan ikan. Namun, bila anda kekurangan vitamin tersebut akan menyebabkan menurunnya kesehatan tubuh serta organ tubuh. 

Kelelahan merupakan hal yang sering terjadi ketika kita sudah melalukan aktivitas atau perkerjaan. Tapi, jika anda merasakan sering kelelahan atau capet pada aktivitas yang ringan sekalipun, cobalah anda untuk mencukupi kebutuhan vitamin B12. Vitamin B12 berfungsi sebagai mengontrol kadar kolesterol tinggi akan menyebabkan masalah yang serius pada kesehatan tubuh seperti penyakit jantung, gagal ginjal serta kanker payudara.

Kanker payudara merupakan salah satu kanker yang dihindari oleh para wanita, tapi dengan vitamin ini mampu mencegah kanker payudara tersebut. Vitamin B12 juga dapat membantu menangkal penyakit yang namanya alzheimer datang lebih dini dan dapat mencegah menurunnya kemampuan otak, manfaat lainnya vitamin ini dapat berperan untuk menjaga kesehatan rambut bahkan mencegah kerontokan rambut. Tak cuma rambut, khasiat vitamin B12 bisa mengobati masalah kulit seperti kulit kering, dan berbagai kerusakan kulit lainnya.