8 Cara Ampuh Mengatasi Bau Mulut Dengan Sekejap

cara ampuh menghilangkan bau mulut secara alami

Cara menghilangkan bau mulut - Bau mulut merupakan faktor yang timbulkan oleh bakteri-bakteri kotor pada mulut. Kondisi ini sering mengganggu aktivitas dimana anda sedang bicara terganggu, selain itu kondisi ini membuat beberapa orang tidak percaya diri karena bau tidak sedap keluar dari mulut. Jika bakteri tumbuh dalam mulut tidak secepatnya akan berdampak begitu. 

Bakteri tumbuh dalam mulut akan merusak enzim gigi dan membuat sebuah lubang pada gigi. Tak cuma disitu, bakteri akan terus menggrogoti gigi sampai keropos. Kalau dibiarkan gigi anda bisa habis, mengerikan bukan! Tapi tak usah khawatir untuk menjaga mulut anda agar bersih dari segala kuman yang menghasilkan bau tak sedap sampai membuat gigi berlubang. 

Penyebab bau mulut tak sedap 

1. Alkohol 

Alkohol membuat mulut menjadi kering sehingga air liur berperan untuk membunuh bakteri tidak kunjung datang. Selain itu, alkohol membuat pencernaan bermasalah yang menghubungkan bau mulut. 

2. Gigi berlubang 

Sarang bakteri pada mulut adalah gigi berlubang menyebabkan bau tak sedap pada mulut. Jika anda sudah terlanjur mempunyai gigi berlubang sebaiknya anda menambal gigi tersebut, ini harus! Jika anda ingin mengatasi bau mulut secara cepat. 

3. Kebersihan mulut

Memelihara kebersihan mulut dengan malas merupakan faktor timbul bau mulut. Sisa makanan didalam mulut yang menumpuk akan melepaskan uap hidrogen sulfida membuat bau mulut membusuk, dalam jangka panjang sisa makanan akan lengket hingga mengeras berubah jadi plak. 

4. Merokok

Pasti sebagian orang tau bahwa rokok adalah biang keladi bau mulut. Jika tau kenapa terus merokok! Bermacam-macam bahan kimia terdapat pada rokok sudah pasti menimbulkan bau mulut tak sedap. 

5. Sariawan 

Penyakit sariawan tumbuh oleh berbagai macam bakteri yang akan memungkinkan bau mulut tak sedap, karena itu jika sariawan tumbuh kemungkinan bau mulut juga tumbuh. 

Cara mangatasi bau mulut 

1. Gosok gigi teratur 

Menggosok gigi teratur menjaga kebersihan gigi serta hilangkan bau mulut, gosok gigi yang baik adalah dipagi hari dan malam hari sebelum tidur. Dengan begitu bakteri akan hilang sendirinya. 

2. Hentikan merokok

Berhenti merokok adalah solusi paling ampuh untuk hilangkan bau mulut anda. Kandungan nikotin di rokok mengundang bakteri pada mulut yang sebabkan bau mulut tak sedap. Tak cuma nikotin, kandungan kimia lainnya dapat memicu tumbuhnya bakteri. 

3. Hindari makanan timbulkan bau mulut

Agar bau mulut tidak muncul lagi, jangan mengonsumsi makanan yang timbulkan bau mulut. Seperti jengkol, petai dan makanan berbau lainnya, upaya kan hindari konsumsi makanan tersebut. 

4. Memakan buah segar

Buah-buahan segar bisa bantu hilangkan bau mulut. Karena buah kaya serat dan vitamin C bisa penuhi kebutuhan vitamin dari mulut agar bisa menjaga dari pertumbuhan bakteri. 

5. Meminum yoghurt 

Meminum yoghurt salah satu cara hilangkan bau mulut. Karena susu permentasi membuat gigi sehat dan terlindung dari kerusakan gigi. Serta yoghurt meningkatkan air liur yang ada didalam mulut sehingga dapat meminimalisir bakteri dimulut. 

6. Mengunyah beras 

Cara selanjutnya dengan mengunyah beras! Ngunyah beras bukan berarti anda kelaparan, tapi dengan kunyah beras sampai halus dapat hilangkan bakteri ada dimulut, agar mulut bebas dari bakteri mengakibatkan bau mulut.

7. Meminum kopi hitam 

Kopi hitam adalah cara praktis dan ampuh untuk mengusir bau mulut tidak sedap. Cukup minum kopi hitam bakteri-bakteri ada dimulut akan hilang. Tapi perlu di ingat, jangan sampai minum kopi hitam secara berlebihan, karena kopi memicu kecanduan.

8. Mengunyah permen karet 

Kenapa permen karet bisa mengatasi bau mulut, apa sebabnya? Karena mengunyah permen karet akan tingkatkan air liur dimulut, sampai bakteri tersebut mati dengan air liur yang dihasilkan oleh permen karet. 

Memelihara tubuh adalah kunci mengusir berbagai penyakit, sama hal dengan mulut. Jika anda memelihara tubuh dengan baik pasti tubuh pun akan merespon baik pula. Ingat! Tubuh adalah alat untuk menjalankan dunia, jagalah dengan baik walaupun itu penyakit bau mulut sekali pun.