7 Obat Cacing Alami untuk Anak

obat cacing anak

Masa pertumbuhan anak sering terganggu dengan gejala cacingan. Walaupun diperhatikan kebersihannya, namun gejala cacingan kerap muncul. Faktor tersebut kebanyakan oleh makanan dan minuman yang terkontaminasi telur cacing sehingga cacing berkembang biak dalam tubuh. 

Penyakit ini tidak boleh dibiarkan begitu saja, apalagi terhadap anak-anak. Bahkan jika cacing-cacing bertelur diseluruh badan, bukan tak mungkin ke esok harinya menjadi anak cacing! Mengerikan bukan, anak mu menjadi anak cacing. Haha ...

Tapi, jangan takut terhadap penyakit ini, karena dapat disembuhkan dengan cara mudah, serta carilah obat yang disukai anak. Dilansir dari boldsky.com, berikut adalah 7 bahan alami obat cacing pada anak.

Obat Cacing Anak 

1. Bawang merah 

Kesehatannya harus segera di atasi, menggunakan bawang merah sebagai obat, kenapa tidak. Cara untuk mengobati cacingan dengan bawang merah, mudah sekali tinggal di ambil sarinya kemudian campurkan ke dalam makanan yang mau di olah seperti adonan telur dadar atau lainnya. Air bawang merah efektif hilangkan parasit pada usus.

2. Bawang putih 

Sama halnya dengan bawang merah, penyajian bawang putih bisa anda tuangkan kedalam makanan si anak seperti ke dalam sayur bayam dengan tambahan extra. Menggunakan bawang putih kaya akan antiseptik dan anti jamur. 

3. Biji delima

Anak memang agak susah untuk mengonsumsi obat, apalagi obat yang rasanya sangat pahit, anda bisa bujuk sang anak untuk memakannya sedikit demi sedikit. Caranya, keringkan biji delima dan kulitnya yang ditumbuk halus, setelah itu tinggal dikonsumsi. 

4. Biji lemon

Biji lemon juga berfungsi untuk menyembuhkan penyakit cacingan. Caranya, hancurkan biji lemon kemudian campurkan kedalam segelas air dan minum. Agar disukai anak, lebih baik campurkan ke dalam segelas jus lemon atau semacamnya.

5. Cengkeh 

Tambahkan cengkeh kedalam masakan bunda ya, agar dikonsumsi oleh anaknya. Karena Cengkeh memiliki sifat anti mikroba yang berperan hancurkan telur cacing dan parasit pada perut. Campur cengkeh 3-4 biji kedalam masakan bunda ya.

6. Cuka beras

Anak anda suka makan salad! Jika suka, beri sedikit cuka beras. Konsumsi cuka beras juga dapat menyembuhkan penyakit cacingan. Tapi sebaiknya jangan sampai berlebihan, sesuai kan umurnya untuk mengonsumsi cuka beras. 

7. Pare

Saya tidak bermaksud membuat buah hati anda menangis, tapi anda bisa mencampurkan bahan lain agar rasa pahitnya tidak terlalu tajam. Pare memang sangat pahit tapi ampuh mengobati cacingan, sebab kandungannya bisa membunuh telur cacing.

7 obat alami cacing tersebut merupakan obat cacing yang mudah, serta efektif menyembuhkan pada anak dari berbagai macam cacing dalam perut. Kendati begitu jagalah kebersihan makanan dan minuman, juga cek apakah makanan sudah layak dimakan atau tidak dari kematangannya agar terhindar dari cacingan.