Cara Mengatasi Otot Kram dan Penyebabnya

penyebab kram otot

Penyebab otot kram - Para olahragawan sering melakukan pemanasan sebelum beraksi. Pemanasan ini bertujuan untuk mencegah cidera saat olahraga berlangsung. Selain cidera ada faktor lain yang bisa memicu nyeri otot? Yaitu kram! Kram merupakan salah satu musuh orang yang sedang berolahraga, kram akan muncul ketika kontraksi terus menerus secara tidak sadar dan mendadak pada otot, sehingga otot bakal kaku serta rasa nyeri pun muncul. 

Faktor umum penyebab kram otot adalah seperti dikutip oleh detik.com, terlalu lama penggunaan otot secara terus-menerus, dehidrasi, aliran darah kurang lancar, selalu memaksakan diri disaat otot mulai kelelahan, diabetes, kurang kalsium magnesium, perubahan suhu di sekitar sangat cepat, kurang istirahat malam hari. Datangnya kram biasanya muncul setelah melakukan kegiatan olahraga, namun munculnya kram tidak disebabkan oleh faktor olahraga saja

Penyembuhan kram yakni dengan merelaksasikan otot seperti pijat ringan pada otot kram, mengonsumsi cairan, rendam pakai air hangat, memberikan gaya berlawanan dengan gaya akibat kontraksi otot kram dan melakukan peregangan atau streching. Harus diperhatikan juga bahwa memberi es batu ketika kram muncul, sangat tidak dianjurkan! Malah kram otot akan memperburuk kondisi, sebaiknya hindari saja daripada menelan kepahitan.

Dengan demikian olahraga adalah perhiasan penting yang harus manusia jaga, tanpa dia umur kita pun akan berkurang! Bagaimana tidak bergerak berjalan pun merupakan olahraga. Maka dari itu menghiasi tubuh merupakan kewajiban untuk mencapai umur panjang. Pilihlah olahraga yang anda suka atau hoby agar olahraga pun berkelanjutkan.