Manfaat Jamur Untuk Kesehatan Hingga Kecantikan

berbagai macam manfaat jamur untuk kesehatan

Manfaat jamur - Siapa yang belum tau jamur? Pasti semua orang juga tau, terutama anda yang sering pergi ke hutan. Lebih dari 70.000 macam jamur didunia ini yang tumbuh dihabitatnya, pasti anda kebingungan kan betapa banyak jenis jamur tapi anda harus berhati-hati terhadap jamur yang tumbuh disekitar halaman anda mungkin jamur itu tidak layak dikonsumsi atau dimakan karena tidak semua jamur dapat dikonsumsi atau beracun.

Selain jamur beracun! Tau kah anda manfaat jamur yang layak dikonsumsi. Kandungan zat antioksidan yang terkandung oleh jamur adalah ergothioneine. Zat ini diperlukan untuk melawan penuaan dini, serta masih banyak lagi manfaat kandungan jamur untuk kesehatan lainnya. 

Manfaat Jamur

1. Bagus untuk kulit dan rambut

Tahukah anda bila mengonsumsi jamur secara rutin bagus untuk kesehatan kulit dan rambut. Sebab kandungan silenium yang ada didalam jamur menghentikan rambut yang rontok, berketombe serta melembabkan kulit yang kering. 

2. Menjaga kekebalan tubuh 

Zat antioksidan yang terkandung dalam jamur dapat membantu anda untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu kandungan selenium yang terletak didalam jamur mampu merangsang produksi sel T dalam tubuh, sel T dapat berfungsi sebagai pembuluh virus atau bakteri masuk ke dalam tubuh sehingga tubuh anda pun bebas dari penyakit ringan diantaranya flu dan pilek. 

3. Menguatkan tulang serta jaringan 

Jamur menghasilkan vitamin D secara alami saat dia terkena paparan sinar matahari. Ketika anda mengonsumsinya, maka jamur akan memberikan kandungan vitamin D dalam tubuh anda sehingga tulang pun lebih kuat. 

4. Menurunkan berat badan 

Anda ingin memiliki postur tubuh yang ideal tapi makanannya yang bikin bosan? Jangan khawatir jika anda pilih jamur. Karena jamur rendah kalori serta bebas lemak. Selain itu ketika anda mengonsumsi jamur, anda akan merasa lebih kenyang. 

5. Mengurangi peredaran arteri 

Kandungan kalium, serat, vitamin C terdapat pada jamur akan membuat anda terasa nyaman terhadap penyakit mematikan seperti jantung, peredaran arteri sebab kandungan tersebut dapat menghindari dari ancaman penyakit berbahaya.

6. Melindungi dari berbagai jenis kanker 

Selain bisa menghindari penyakit jantung ternyata jamur dapat menurunkan berbagai jenis kanker, karena jamur memiliki kandungan seperti tinggi nutrisi, vitamin, kalium, tembaga, besi dan mineral. Serta kolina, nutrisi penting yang dapat membantu meningkatkan gerakan otot dan memori. 

Nah, lumayan kan manfaat jamur! Banyak khasiat jamur di dalamnya maka sangat dirugikan jika anda tidak mengonsumsi jamur setiap hari.