Penyebab Kurang Tidur ini Tanda-Tandanya

5 tanda bukti seseorang kurang tidur

Istirahat memang harus dilakukan setelah aktivitas sepanjang hari dengan tidur. Namun, macam-macam kesibukan menyita waktu tidur anda sehingga peluang untuk istirahat pun hilang. Dalam jangka panjang kurang tidur memberikan efek negatif pada kesehatan. Malah masalah ini dibiarkan begitu saja sampai-sampai jatuh sakit.

Ada banyak ciri-ciri bahwa kamu kurang tidur malam, dalam segi kuantitas maupun kualitas. Jika kamu merasa kan tanda ini, segeralah untuk membagi waktu untuk istirahat demi kesehatan anda. Di kutip dari NZherald.co.nz beberapa diantaranya bisa anda pahami. 



Akibat Kurang Tidur Malam

1. Banyak makan dan menggemuk 

Berbagai penelitian mengaitkan antara kurang tidur dan tambahnya berat badan. Macam-macam mekanisme mengaitkan nafsu makan meningkat dan teori lain mengaitkan kepada kurangnya menjaga fokus saat beraktivitas, berusaha mengupayakan untuk ngemil.


2. Gampang sakit 

Dilaporkan dalam penelitian di Carnegie Mellon University pada september silam. Seseorang yang kurang tidur selama 6 jam dalam waktu semalam mempunyai resiko 4 kali lebih besar terjangkit penyakit pilek. Hal tersebut sangat merugikan bagi kesehatan.


3. Kehilangan selera humor

Sebuah penelitian di Walter Reed Army Institute of Research mengungkapkan bahwa kurang tidur membuat seorang kehilangan selera humor. Seorang yang tidak terlelap selama 49,5 jam secara berturut-turut gagal menemukan bagian lucu dari tontonan kartun.


4. Mudah lupa

Belum jelas penyebab fungsi memori otak melemah tapi penelitian mengaitkan pada fase konsulidasi memori ketika tidur, saat seorang kurang tidur fase tersebut terlewatkan sehingga otak susah dalam mengingat.


5. Sakit semakin sakit

"Kami masih mencari tahu kenapa! Tapi sudah ada beberapa teori," kata Prof Nicole Tang dari University of Warwick

"Kurang tidur menurunkan mood, mood yang berantakan membuat seorang makin peka terhadap rasa nyeri" jelasnya. Tak di sangka kurang istirahat sangat peka sekali terhadap sakit. Terlebih lagi terhadap nyeri kronis, gejala yang satu ini sangat tidak menguntungkan kepada orang yang kelelahan karena kurang istirahat akan memperburuk keadaan.

"Kurang tidur berpengaruh pada sistem imun dengan banyak macam cara," kata Dr Victoria Revell dari Unversity of Surrey. Itulah kata dokter! Saya cuma bisa mengingatkan kembali kepada kalian, semoga bisa mempertimbangkannya.